RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Bintang Madani
Mata Pelajaran : Sains
Kelas/Semester : II (dua)/I (satu)
Alokasi waktu :
4 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Mengenal
bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan
serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari
biji menjadi tanaman)
C.
Indikator
1.
Mengamati pertumbuhan dan perkembangan yang
terjadi pada manusia melalui pengamatan gambar
2.
Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan dan perkembangan manusia
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa mampu mengamati pertumbuhan dan
perkembangan yang terjadi pada manusia melalui pengamatan gambar
2.
Siswa mampu mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia
E.
Metode
Pembelajaran
Ekspositori,
latihan
F.
Materi
Ajar
Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia
Perubahan pada
manusia meliputi satu perubahan tinggi badan, berat badan, serta bentuk badan.
Selama 9 bulan ibu kalian selalu memeriksakan kesehatan dan memberimu imunisasi
agar pertumbuhan dan kesehatanmu tetap terjaga. Tubuh kalianpun tidak hanya
bertambah ukurannya tapi semakin lama kepintaranmupun semakin bertambah. Ketika
kamu bayi, tidak dapat berbicara, setelah besar kamu dapat berbicara ketika
sudah besar. Kamu akan berubah menjadi sosok yang dewasa. Perubahan manusia
dari bayi menjadi dewasa disebut dengan perkembangan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence
)
Keberanian ( Bravery )
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Ø Kegiatan
Awal
Apersepsi/Motivasi
-
Siswa ditanya “Mengapa tubuh kita semakin hari
semakin besar?”
Ø Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
o
Siswa mampu mengamati pertumbuhan dan
perkembangan yang terjadi pada manusia melalui pengamatan gambar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
o
Menunjukan gambar pertumbuhan dan perkembangan
manusia
o
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar
o
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
o
Memfasilitasi siswa menyajikan hasil kerja
individu dengan penuh percaya diri
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
o
Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
o
Meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
Ø Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
Menyimpulkan
materi yang telah disampaikan
Pertemuan kedua
Ø Kegiatan
Awal
Apersepsi/Motivasi
-
Siswa ditanya “apa yang menyebabkan tubuhmu
bertambah besar?”
Ø Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
o
Siswa mampu
memahami faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
manusia
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
o
Memfasilitasi siswa untuk mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia dengan
penuh ketelitian
o
Memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat
untuk meningkatkan prestasi belajar
o
Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
o
Bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Ø Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
-
Menyimpulkan
materi yang telah disampaikan
H.
Sumber
Belajar
Internet
I.
Penilaian
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
soal
|
Contoh
instrumen
|
|
1.
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan manusia
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1.
Apakah kalian mengalami perubahan?
2.
Lihatlah photo saat kalian masih bayi, bandingkan dengan
sekarang. Apa yang terjadi?
|
Mengetahui
Kepala Sekolah Bintang Madani
(
Pepen Supendi, S.P. )
|
|
Bandung,
Guru Mata
Pelajaran
(
Iyok Sumiati, S.Pd. )
|