Selamat Datang Di Blog Saya

Semoga menambah kebaikan untuk semua


Senin, 13 Juni 2011

Rekreasi

keindahan pesona pantai cikalapa memberikan suguhan yg tidak kalah menariknya dr pantai jayanti. pantai ini selalu jd tujuan utama keluarga besar saya ketika menyambut bulan Ramadhan maupun pasca idul fitri.

Abstrak my skripsi


ABSTRAK
Iyok Sumiati. Pengaruh Penggunaan Media Biocards Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Pokok Avertebrata
Penelitian ini berawal dari permasalahan bahwa pada saat ini masih banyak guru yang cenderung menggunakan strategi lama seperti materi metode ceramah. Hal ini mengakibatkan interaksi antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa menjadi kurang. Sehingga diperlukan adanya strategi yang inovatif yang akan mampu menarik minat belajar siswa. Salah satu strateginya yaitu dengan adanya media pembelajaran. Dalam pembelajaran biologi ada beberapa materi yang memerlukan adanya media seperti avertebrata. Media yang cocok untuk materi ini yaitu media Biocards.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu; 1) Mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menggunakan media biocards, 2) Mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran tanpa menggunakan media biocards, 3) Mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan media biocards dengan tanpa menggunakan media biocards pada sub materi pokok avertebrata. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar siswa yang menggunakan media biocards lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media biocards pada sub materi pokok avertebrata.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment design. Penelitian dilaksanakan dikelas VII MTs Sukamulya yang terbagi kedalam 2 kelompok siswa dengan jumlah 50 siswa. Masing-masing kelompok berjumlah 25 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Untuk melihat perbedaan hasil belajar, digunakan uji-t dan N-Gain. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pretest dan postest.
Hasil analisis data membuktikan bahwa hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran yang menggunakan media biocards memiliki N-Gain sebesar 0,14 sedangkan hasil belajar siswa tanpa menggunakan media biocards memiliki nilai rata-rata N-Gain 0,06 keduanya termasuk kedalam ketegori rendah. Kemudian setelah dilakukan uji t dengan nilai rata-rata tes akhir siswa yang menggunakan media biocards adalah 37,4, sedangkan rata-rata tes akhir siswa tanpa menggunakan media biocards adalah 36,6. Hasil uji t diperoleh thitung = 5,58 dengan taraf signifikan 5%  ttabel = 1,64. thitung = 5,58 > ttabel = 1,64, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media biocards dengan hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan media biocards pada sub materi pokok avertebrata.