Selamat Datang Di Blog Saya

Semoga menambah kebaikan untuk semua


Rabu, 29 Juni 2011

BAB IV Simpulan & Saran


BAB IV
SIMPULAN DAN SARAN
A.    Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai perbandingan hasil belajar siswa pada sub materi avertebrata antara yang menggunakan media biocards dengan yang tanpa menggunakan media biocards (metode konvensional), maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
1.      Hasil belajar siswa pada sub materi pokok avertebrata dengan menggunakan media biocards berdasarkan analisis per-indikator KTSP didapat hasil rata-rata tes awal 30,40 dan tes akhir 40,20 dengan rata-rata N-Gain 0,10 termasuk kedalam kategori rendah. Indikator yang memiliki nilai N-gain tertinggi terdapat pada indikator pertama yaitu mengidentifikasi filum-filum yang tergolong kedalam avertebrata dengan nilai N-gain sebesar 0,03 termasuk kategori rendah.
2.     Hasil belajar siswa pada sub materi pokok avertebrata tanpa menggunakan media biocards berdasarkan analisis per-indikator KTSP didapat hasil rata-rata tes awal 32,40 dan tes akhir 36,60 dengan rata-rata N-Gain 0,07 termasuk kedalam kategori rendah. Indikator yang memiliki nilai N-gain tertinggi pada kelas ini terdapat pada indikator kelima yaitu Menjelaskan  struktur tubuh hewan yang tergolong kedalam avertebrata dengan nilai N-Gain sebesar 0,03 dengan kategori rendah.
3.      Terdapat hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen jika dibandingkan hasil belajar pada kelas kontrol. Dengan melihat hasil rata-rata N-Gain dan hasil uji t pada taraf 5% menyatakan besarnya thitung = -5,58 (tanda negatif bersifat mutlak). Sedangkan kriteria pengujiannya thitung > ttabel  yaitu 5,58 > 1,67. Dengan demikian penggunaan media biocards berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Sukamulya pada bidang studi biologi pada sub materi pokok avertebrata.
B.     Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, penyusun mengajukan saran sebagai berikut:
1.      Media biocards akan lebih cocok untuk digunakan pada materi-materi biologi yang sifatnya abstrak seperti sel, virus, bakteri, sistem peredaran darah, sistem pernapasan, sisstem pencernaan dan materi lainnya yang disesuaikan dengan ksebagainya yang tidak mudah dilihat kriteria media biocards sebagai pengganti dari bahan yang aslinya.
2.      Seorang guru profesional harus memiliki daya kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan inovasi-inovasi strategi baru dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa akan sesuai dengan yang diharapkan dan jika guru kreatif dalam mengajar, pasti siswa tidak akan merasa jenuh atau malas mengikuti pelajaran.